PENGEMBANGAN DAN
IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI
ANALISIS
SISTEM INFORMASI PEMBELIAN PENJUALAN
DISUSUN
OLEH:
Moh.
Fadlan (4114111)
DOSEN PEMBIMBING:
FAKULTAS
TEKNIK
PRODI
SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS
PESANTREN TINGGI DARUL ULUM
JOMBANG
2016
Sistem
Informasi Pembelian Penjualan CV. Media Computer Jombang
Metode
Pengembangan Sistem
Metode pengembangan sistem sangat
dibutuhkan untuk mempermudah tahapan analisis yang akan dilakukan. Tahap-tahap
atau siklus sistem yang digunakan dalam melakukan pengembangan sistem adalah:
- Perencanaan: Definisi masalah pada tahap ini dilakukan kajian untuk memperoleh gambaran permasalahan dan ruang lingkupnya yang terdapat pada sistem yang akan dikembangkan. Setelah permasalahan ditemukan diharapkan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut dapat diperoleh.
- Analisa: Pada tahap ini permasalahan dianalisis secara lebih mendalam dengan mempelajari sistem yang sedang berjalan untuk membantu sistem yang baru dan menentukan kebutuhan informasi pemakai. Dari sistem ini akan dapat disimpulkan bahwa sistem yang baru layak atau tidak untuk dikembangkan.
- Perancangan: Setelah mengetahui sistem yang lama dan mengetahui kriteria-kriteria sistem yang dibangun kemudian dibuatlah desain masukan, desain proses dan desain keluaran serta desain database-nya.
- Penerapan: Hasil perancangan dari tahap sebelumnya diimplementasikan dibagian ini untuk menerapkan prosedur dalam teknologi komputer digunakan aplikasi pemrograman, sedangkan untuk proses yang berada diluar sistem komputer disusunlah suatu aturan agar setiap orang yang terlibat dapat mengikuti prosedur yang telah ditentukan.
- Evaluasi: Setelah sistem dibuat maka dilakukan pengujian terhadap sistem tersebut. Pengujian dilakukan untuk mengetahui proses pengolahan dan menjadi informasi dan mendistribusikannya.
Identifikasi
Masalah
Permasalahan:
- Pencatatan data-data yang di CV. Media Computer masih dilakukan secara manual, sehingga memerlukan waktu yang lama dalam proses penyajian informasi.
- Kesulitan dalam hal penyampaian informasi barang kepada pelanggan berkaitan dengan data barang.
- Data yang belum terintegrasi menyebabkan seringnya pencatatan data yang berulang.
- Kesulitan dalam pembuatan beberapa laporan, khususnya pada laporan data barang, laporan penjualan, dan laporan pembelian.
- Kebutuhan terhadap data barang, data kasir, data kategori barang, data pembelian, data pembelian item, data penjualan, data data penjualan item dan data supplier banyak memerlukan tempat untuk menyimpan dokumen.
- Banyaknya data yang masuk dalam toko menyebabkan sistem pembelian dan penjualan manual menjadi tidak efektif dan efisien.
- Penyimpanan data dalam bentuk kertas atau manual menimbulkan risiko yang cukup besar, seperti kebakaran, rusak atau bencana alam yang bisa mengakibatkan data-data penting itu hilang, sehingga diperlukan sistem yang bisa menyimpan data lebih aman.
Dari berbagai alasan yang telah
diungkapkan di atas, maka pengembangan sistem informasi pembelian dan penjualan
ini dibuat untuk membantu menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada.
Analisa
Semua
kemudahan disiapkan dengan menggunakan suatu menu utama yang dapat memanggil
sub program sehingga memudahkan admin untuk melakukan operasi atas data
pembelian dan penjualan pada CV. Media Computer.
Setiap
form diberikan fasilitas berupa AutoNumber sehingga primary key secara otomatis akan diberikan secara Increment, hal ini dapat mempercepat aktivitas
input data oleh petugas, memudahkan dalam mengecek persediaan barang pada
gudang.
Report juga dibuat dengan sekali klik
petugas dapat melihat dan mencetak report
dengan tampilan yang menarik serta dilengkapi beragam konfigurasi laporannya.
Analisis
Kebutuhan:
Data
yang dibutuhkan dalam pengembangan sistem informasi ini adalah:
- Data Barang: kd_barang (*), nm_barang, harga_modal, harga_jual, stok, satuan, keterangan, kd_kategori (**).
- Data Kasir: kd_kasir (*), nm_kasir, username, password.
- Data Kategori: kd_kategori (*), nm_kategori.
- Data Pembelian: no_pembelian (*), tgl_pembelian, keterangan, kd_supplier (**).
- Data Pembelian Item: no_pembelian (**), kd_barang (**), harga, jumlah.
- Data Penjualan: no_penjualan (*), tgl_penjualan, pelanggan, keterangan, uang_bayar.
- Data Penjualan Item: no_penjualan (**), kd_barang (**), harga, jumlah.
- Data Supplier: kd_supplier (*), nm_supplier, alamat, no_telepon.
Kebutuhan Fungsional:
Fungsi
dari sistem ini adalah:
- Proses login untuk admin/kasir.
- Proses pengelolaan data kategori, data supplier, data barang, data transaksi pembelian, data transaksi penjualan.
- Meliputi masukan, ubah, simpan, cetak dan hapus.
- Proses pendataan pelanggan, baik data baru maupun pendataan untuk pembelian dilakukan oleh admin/kasir.
- Proses searching/pencarian data (data kategori, data supplier, data barang, data transaksi pembelian, dan data transaksi penjualan).
- Semua proses dilakukan oleh admin/kasir, sehingga setiap proses dapat terkontrol dengan baik.
Perancangan
Entity yang terlibat pada sistem
informasi ini adalah:
- Barang.
- Kasir.
- Kategori.
- Pembelian.
- Pembelian Item.
- Penjualan.
- Penjualan Item.
- Supplier.
Tabel Sistem Informasi Pembelian Penjualan
Implementasi
Setelah
semua tahapan pengembangan sistem dilakukan, maka didapatlah suatu perangkat
lunak sistem informasi pembelian dan penjualan, yang terdiri atas sejumlah form dan report. Berikut ini adalah tampilannya:
Tampilan Halaman Awal
Tampilan Login
Tampilan Menu Utama
Tampilan Data Kasir
Tampilan
Data Kategori
Tampilan Data Supplier
Tampilan
Data Barang
Tampilan
Transaksi Pembelian
Tampilan
Transaksi Penjualan
Tampilan
Laporan
Evaluasi
Setelah
sistem dibuat maka akan ada evaluasi. Evaluasi muncul dari adanya kelemahan
dari sistem itu sendiri, dan kelemahan itu biasanya dapat terlihat setelah
sistem itu berjalan dalam jangka waktu yang lama. Tujuan dari evaluasi agar
sistem berjalan lebih baik lagi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar